Senin, 15 September 2008

Mengusir Tawon
Posted by Tian on Jul 24, '08 10:51 PM for everyone
Setelah insiden tawon menyengat jidatku, kami sekarang rajin melakukan "razia sarang tawon" di pepohonan rumah kami. Memang, sudah jadi resiko, pepohonan yang rimbun, mengundang tamu tak diundang berupa serangga-serangga yang sengatnya "mematikan" itu.
Beberapa hari setelah aku disengat, aku masih membiarkan sarang tawon itu (lihat foto) tetap di tempatnya. Rupanya, istriku berinisiatif menyingkirkannya. Caranya sederhana saja. Dahan --jauh di bawah sarang tawon itu-- digergajinya, dan sarang tawon pun bisa dibuang sekalian dengan dahan pohonnya, tanpa tawon-tawon penghuninya menjadi marah.
Ternyata belum selesai sampai di situ. Istriku lapor, ada lagi sarang tawon lainnya yang nempel di pohon alpukat, yang tumbuh di trotoar depan rumah. Aku pun memeriksa. Ternyata sarangnya masih kecil, tapi ada penghuninya.
Aku memakai caraku. Sebagai pertahanan, aku pake helm motor yang full face. Lalu mengambil linggis. Linggis itu ujungnya aku balut dengan potongan karet bekas ban dalam motor, lalu dibakar. (kenapa linggis yang berbahan besi? selain nggak punya bambu panjang, juga biar nggak turut terbakar).
Api pun aku sodorkan ke sarang tawon itu. Jilatan api rupanya membuat penghuninya tak nyaman. Apa reaksinya? Aku kira bakal menyerangku, ternyata dia pergi begitu saja. Setelah penghuninya kosong, dengan mudah sarang tawon itu disodok hingga terjatuh.
*Memeriksa sekeliling barangkali ada sarang-sarang tawon lainnya*
Tips:
~ Ada sarang tawon di lingkungan anda, jangan takut. Bakar saja dengan obor, setelah kita memproteksi diri dengan penutup kepala (helm), karena tawon biasanya menyerang bagian kepala.
~ Lenyapkan sarang tawon sebelum membesar dan penghuninya banyak --untuk memperkecil resiko kita diserang
Tags: , , ,
Prev: Cat Kuning Aja Rumahnya!Next: Blogger Kreatif

Tidak ada komentar: