Senin, 15 September 2008

SANGGAR TAWON

Cara Tawon Mengatur Stok Makanan

TPG IMAGES
/
Kamis, 14 Agustus 2008 20:17 WIB
JAKARTA, KAMIS - Sebagai makhluk sosial, kawanan tawon punya cara mengatur stok logistik makanannya di dalam sarang. Lebah pekerja hampir tiap hari berburu mencari madu, namun persediaan di dalam sarang relatif selalu cukup dan tak pernah berlebihan.
Apa rahasianya? Tengoklah temuan Dr Mathieu Molet dan Dr Nigel Raine dari Sekolah Biologi dan Kimia Queen Mary Universitas London berikut ini.
Saat tawon-tawon pekerja selesai berburu mangsa dan kembali ke sarang, tubuhnya mengelurkan feromon. Zat kimia tubuh yang tak berbau ini adalah sarana yang dipakai tawon untuk berinteraksi dengan sesamanya.
Sebelumnya, para peneliti hanya mengetahui bahwa feromon dikeluarkan sebagai pertanda saja agar tawon pekerja lainnya meneruskan kegiatan berburu. Namun, setelah dipelajari lebih mendalam, respon terhadap feromon ini ternyata berubah-ubah sesuai situasi saat itu. Tawon pekerja baru keluar dan berburu nektar jika persediaan sudah menipis atau sama sekali kosong.
"Terbang sepanjang hari untuk menemukan nektar dan serbuk sari bunga merupakan pekerjaan berat. Jadi, masuk akal bila tawon-tawon tersebut lebih suka merespon feromon saat pasokan madu sedikit," ujar Molet.
Para peneliti menggunakan RFID (radio frequency identification) untuk menghitung aktivitas tawon secara kontinyu. Tawon-tawon tersebut dibagi dalam beberapa koloni dan pada masing-masing sarangnya diletakkan pasokan madu berbeda-beda. Kemudian, di sekitar sarang dilepaskan feromon buatan.
Respon terhadap feromon ternyata lebih tinggi pada koloni yang pasokannya lebih sedikit. Temuan ini menunjukkan bahwa feromon dapat dipakai untuk mengatur aktivitas tawon. Ke depan, feromon buatan mungkin dapat diaplikasikan untuk mengatur penyerbukan bunga tanaman produktif seperti sayur-sayuran dengan bantuan tawon secara alami.

Tidak ada komentar: